EDfow.com – Kelompok Tani Lorong (Poktanrong) Bandang 4, Kelurahan Parang Layang panen cabai di kebun Badan Usaha Lorong yang terletak di depan Kantor Kelurahan Parang Layang, Kecamatan Bontoala, Kamis (12/10/2017).

Panen ini secara simbolis dimulai oleh Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar, Andi Anis. Turut hadir, penyuluh Poktanrong Kecamatan Bontoala Yohana serta Lurah Parang Layang Adam, Ketua TP PKK Kelurahan Parang Layang, serta Ketua Poktanrong Bandang 4 Softi Hamja.

“Bismillah, kami selaku perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar memanen cabai di Poktanrong Badak 4, semoga ke depan kami bisa kembali panen di tempat ini,” kata Anis sambil memanen cabai menggunakan gunting.

Lurah Parang Layang, Adam mengatakan amat bersyukur dengan panen perdana di Poktanrong ini lantaran upaya mereka menumbuhkembangkan cabai dapat membuahkan hasil.

Hal itu kata dia, tidak terlepas dari peran aktif penyuluh Poktanrong Kecamatan Bontoala, Yohanna yang intens memantau tumbu kembang tanaman cabai di wilayahnya.

“Dengan bantuan penyuluhan Ibu Yohana, bimbingannya kepada Poktanrong, boleh dikata tiap hari kasih penyuluhan, cara pemupukan, cara penyiraman, kemudian dia kontrol juga,” kaya Adam di lokasi.

Adam menuturkan, ke depan pihaknya akan terus mengembangkan beberapa unit Poktanrong yang pihak kelurahan kembangkan. Sebab baru Poktanrong Bandang yang bisa panen.

“Sementara baru satu yang berhasil panen, jadi Poktanrong yang di RW 03 akan dibina supaya bisa menyamai di sini. Apalagi akan ada cabai jenis baru yang akan kami tanam di sini,” tuturnya.

Sementara itu, Yohanna menuturkan pihaknya akan mengevaluasi hasil panen hari lalu dan akan merencanakan langkah ke depan guna mengembangkan Poktanrong di Kecamatan Bontoala.

“Kita akan lihat hasil hari ini, semoga setiap minggu kita bisa panen. Tapi saya rasa kalau pemupukan dan pemeliharaannya bagus akan panjang umur cabainya. Apalagi bibit-bibitnya bisa lebih baik ke depan,” tutur Yohanna.

RSM

The post DKP Kota Makassar Panen Cabai di Poktanrong Bandang 4 appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda