EDfow.com – Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar menyetujui diangkatnya kurang lebih 900 orang guru tenaga sukarela menjadi pegawai kontrak, yang kemudian dianggarkan sekitar Rp1,45 miliar di Ruangan Banggar DPRD Kota Makassar, Jumat (13/10/2017).

Diketahui, saat ini ada sekitar 2.700 orang guru tenaga sukarela dan kontrak, dimana 1.815 di antaranya guru sukarela yang dalam waktu dekat akan diangkat menjadi guru kontrak, yang kemudian dilihat dari seberapa lama dia mengajar.

Anggota Banggar, Rahman Pina.

Sehingga kurang lebih ada 900 orang guru tenaga sukarela yang kemudian gajinya itu dibayarkan dari pihak sekolah dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) masing-masing sekolah.

Melihat hal itu, Anggota Banggar Rahman Pina merasa ini akan menimbulkan permasalahan sehingga dalam Rapat Banggar dirinya menawarkan untuk 900 orang itu juga kemudian diangkat menjadi guru kontrak yang akan digaji melalui APBD.

“Sekarang ada kebijakan pemerintah kota untuk mengangkat sukarela itu menjadi tenaga kontrak. Hanya saja, pemerintah kota baru menyediakan untuk 1.815 orang. Nah kalau cuman 1.815 orang, masih ada sekitar 900 orang yang bisa menjadi masalah baru. Di sekolah nanti mereka saling cerita, kenapa ini menjadi tenaga kontrak kenapa yang lain tidak,” ungkapnya saat ditemui di sela waktu Rapat Banggar.

“Supaya tidak meninggalkan masalah, ya sekalian kita angkat saja. persoalan mengajar 1 atau 2 tahun itu kan mereka sudah melakukan kegiatan yang sangat membantu kita, sudah bisa dibayangkan kalau yang 900 orang itu berhenti mengajar, kan rugi di kita,” lanjutnya.

Rp1,45 miliar yang diusulkan banggar ini, dimana 900 orang lebih pegawai sukarela yang akan diangkat menjadi tenaga kontrak ini akan digaji sebesar Rp550 ribu per orang yang akan dibayarkan selama 3 bulan terhitung bulan ini. Kemudian nanti akan dianggarkan di APBD Perubahan 2017.

Wakil Ketua DPRD Kota Makassar, Indira Mulyasari Paramastuti yang saat itu memimpin Rapat Banggar juga telah menyetujui untuk mengusulkan Rp1,45 miliar di Rapat Paripurna nanti.

“Semuanya bisa terangkat, kurang lebih ada sekitar 900 orang ya pak kadis. dengan anggaran kurang lebih Rp1,45 M. Saya ingin meminta tanggapan kepada bapak-bapak sekalian untuk menyetujui ini dan kita akan carikan anggaran untuk Dinas Pendidikan untuk penambahan tenaga guru honorer,” tuturnya.

“Anggaran tambahan untuk Dinas Pendidikan kurang lebih Rp1.452.000.000 untuk tenaga guru honorer saya ketuk,” tegasnya sambil mengetuk palu sidang.

Kemudian, usulan ini akan dibawa ke Rapat Paripurna APBD Perubahan TA 2017 untuk diusahkan.

AIN

The post Dewan Minta Pemkot Gelontorkan Rp 1,45 M untuk 900 Guru Sukarela appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda