EDfow.com – Untuk menekan angka pernikahan anak di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, khususnya Kelurahan Kodingareng, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar menggelar penyuluhan kepada warga di Kelurahan Kodingareng, Jumat (13/10/2017).

Mengingat angka pernikahan usia dini anak mulai dari usia 15 tahun di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang tersebut khususnya Kelurahan Pulau Sangkarrang meningkat signifikan setiap tahunnya. Kepala Bidang Pemenuhan dan Perlindungan Anak DP3A Kota Makassar, Achi Soleman mengatakan kasus ini perlu dicegah.

Menurutnya, kasus pernikahan usia dini di Kelurahan Kodingareng jika dibiarkan secara terus menerus terjadi akan membuat anak-anak kehilangan hak dalam pendidikan yang semestinya mereka dapatkan.

“Pencegahan pernikahan anak ini perlu kita lakukan dan kalau kita lihat berdasarkan data, pernikahan anak usia dini ini paling banyak terjadi di Kelurahan Pulau Kodingareng, sehinga ini sangat perlu untuk ditanggulangi, ” ungkapnya.

Ia menambahkan melalui pilot projek DP3A akan mengintervensi langsung masyarakat setempat untuk bersama-sama melakukan pencegahan pernikahan dini, hal ini juga dilakukan untuk menekan angka perceraian yang terjadi akibat ketidaksiapan anak menjalani biduk rumah tangga baik secara mental maupun secara biologis.

Tindakan yang dilakukan oleh DP3A yang juga menggandeng LBH Apik, tim TRC dan P2TP2A pun sangat diapresiasi oleh warga.

Menurut salah seorang warga, Thamaria mengungkapkan, “Saya suka dengan adanya sosialisasi seperti ini karena akan sangat membantu kami dalam mengurangi pernikahan dini di sini, karena banyak sekali anak-anak yang menikah dini dan akhirnya banyak anak-anak yang tidak sekolah, kami juga sebagai orangtua mau melihat anak kami punya pendidikan yang baik,” kata Thamaria.

ASM

The post DP3A Kota Makassar Ajak Orangtua Anak Cegah Pernikahan Dini appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda