EDfow.com – Lurah Layang, Kecamatan Bontoala, Surgawati mengatakan antusiasme warganya untuk menerapkan program Badan Usahan Lorong (BULo) di daerah yang ia pimpin sangat tinggi.

Sebab kata Surgawati, selain tiga unit BULo yang dikelola oleh Kelompok Tani Lorong (Poktanrong) Kelurahan Layang, masyarakat lorong juga berinisiatif untuk menanam berbagai jenis tumbuhan produktif, seperti cabai dan tomat di halaman rumah masing-masing.

“Selain BULo yang dikelola oleh DKP, masyarakat di lorong juga menanam sendiri cabai di depan rumahnya. Apalagi kan di kantor kami siapakan bibit dan pupuk,” kata Surgawati kepada EDfow.com, Sabtu (14/10/2017).

Surgawati menuturkan, tiga unit BULo terletak di Poktanrong RW 04, RW 01 dan RW 06. Selain itu kata dia, Ketua RW 03, Khadijah bersama warganya ikut mengembangkan BULo.

Ia menjelaskan saat ini masyarakat di RW 4 tersebut tengah melakukan proses pembibitan dengan median tanam dari Polybag kecil. “Kami memang hanya punya tiga BULo , yang di Lorong 3 itu termasuk, tapi mereka antusias kembangkan BULo,” ungkapnya.

Lurah yang baru beberapa bulan menjabat itu mengatakan, antusiasme masyarakat mengembangkan BULo tersebut lantaran masyakat sudah merasakan manfaat dari aktifitas menanam berbagai jenis tumbuhan produktif.

“Karena mereka sadar dengan adanya hasil dari tanam cabai, di samping bisa digunakan untuk dikonsumsi sendiri, mereka bisa menjual hasilnya, sehingga bisa meningkatkan penghasilan mereka, itulah yang kami harapkan,” tutupnya.

RSM

The post Rasakan Manfaat BULo, Warga Layang Aktif Tanam Cabai appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda