EDfow.com – Masyarakat Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate memiliki usaha kreatif dengan menciptakan beberapa jenis kerajinan tangan seperti tempat tissu, tikar, tas dan dompet yang berbahan dasar tanaman Enceng Gondok.

Kreatifitas warga Kelurahan Tanjung Merdeka itu terlihat saat Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) setempat menyelenggarakan pelatihan keterampilan Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) dan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kantor Sekretariat BKM Sipakatau Kampung Lette, Sabtu (15/10/2017).

Koordinator BKM Sipakatau, Abddul Gaffar mengatakan pelatihan itu akan dihelat beberapa hari, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kerajinan tangan berbahan dasar tanaman yang pada umumnya tumbuh di wilayah perairan tersebut, sehingga dapat dipasarkan ke berbagai tempat.

“Kerajinan tangan yang dibuat oleh masyarakat akan dipasarkan, ya misalnya kalau ada tamu di luar, kita arahkan mereka ke tempat tersebut,” kata Gaffar kepada EDfow.com, Minggu (15/10/2017).

Terpisah, Lurah Tanjung Merdeka, Daud mengatakan pemanfaatan tanaman Enceng Gondok telah lama dilakukan oleh warga. Awalnya kata dia, usaha kreatif tersebut dipersiapkan untuk mengikuti sebuah lomba kerajinan tangan daerah.

Eceng Gondok yang Sudah Dikeringkan.

Ia mengatakan pemanfaatan tanaman air tersebut di daerahnya lantaran terbantu oleh kondisi geografis, yang memungkinkan daerah tersebut ditumbuhi oleh tanaman itu. “Kebetulan Enceng Gondok ini banyak di sini, bahannya mudah didapat, tidak dibeli, jadi bisa dikembangkan. Tanaman ini banyak diambil di sekitaran Sungai Jeneberang,” ungkapnya.

Daud menuturkan, untuk sementara, pemasaran hasil kerajinan tangan wargannya masih berkerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar. Namun kata dia, pihaknya juga terus berupaya untuk memasarkan dengan melakukan promosi-promosi seperti di hotel.

Selain itu, pihak kelurahan kata dia, juga tengah berupaya untuk mendapatkan pengelola usaha kreatif modal usaha. “Kan sekarang mereka kekurangan dana, kami bantu pencairan dan lewat koperasi, bagaimana caranya dikasih modal dari koperasi,” pungkasnya.

RSM

The post Kerajinan Tangan Berbahan Dasar Enceng Gondok Ala Warga Tanjung Merdeka appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda