EDfow.com – Banyaknya warga yang tinggal dalam kurun waktu yang lama di Kota Makassar namun tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk diharapkan nantinya dapat memiliki kartu tanda penduduk sementara yang dikeluarkan pemerintah setempat.

Hal ini menjadi salah satu saran yang diusulkan Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar kepada Dinas Catatan Sipil (Capil) Kota Makassar pada saat Rapat Banggar, di Ruangan Banggar, Sabtu (14/10/2017) malam.

Anggota Banggar Munir Mangkana menuturkan, seharusnya Capil lebih proaktif untuk melakukan pendataan agar tidak terjadi adanya data kependudukan yang ganda.

“Ini ada program pengelolaan data dan informasi, seharusnya capil ini buatkan juga itu katru tanda tinggal sementara untuk warga musiman,” ungkapnya saat menanggapi program kerja dari Capil.

“Seperti kejadian beberapa waktu lalu di Alauddin, ada korban kecelakaan sudah 2 hari di rumah sakit tidak ada keluarganya yang datang. Karena dilihat KTP-nya orang Palopo, ternyata ada rumahnya di Makassar, orangtuanya juga di Makassar,” lanjutnya.

Sehingga, ketika ada mahasiswa rantau yang berkuliah hingga bertahun-tahun di Makassar perlu didata sebagai penduduk tinggal sementara.

“Seperti saya ini kan kebetulan Ketua LPM di Kassi-kassi, jadi saya sudah sampaikan sama lurahnya untuk didata semua ini yang kos dan konrak. Dan ini kami juga sudah sementara dalam proses. Jadi kami di Kassi-kassi itu sudah buat yang namanya kartu tinggal sementara yang diperbaharui setiap 3 bulan,” pungkasnya.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Catatan Sipil Nielam Palamba menuturkan bahwa program ini akan dilakukan di tahun depan, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2016.

“Ini diprogramkan tahun depan yang akan kita laksanakan bekerja sama dengan RT dan RW,” bebernya.

Sehingga, kedepan nantinya jika ada mahasiswa rantau yang ingin tinggal di Makassar, ia harus memiliki surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi mereka masing-masing.

“Nanti kalau ada anak kos, harus dapat rekomendasi dari perguruan tingginya,” ucapnya.

AIN

The post Setelah Disahkan, Mulai Tahun Depan Anak Kos di Makassar Harus Punya Keterangan Domisili Sementara appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda