EDfow.com – Di dunia penyaki masuk angin tidak dikenal. Sementara di Indonesia, penyakit masuk angin sangat populer sangat akrab di telinga, di mulut, bahkan mengaku pernah mengalaminya. Penyakit ini kerap mendera anak-anak hingga usia lanjut.

Apalagi Jika kondisi badan sudah terserang demam ringan yang diikuti pilek atau flu, rasa kembung yang disertai dengan sendawa-sendawa, rasa kembung yang disertai dengan sering buang angin. Secara gamblang kita mengklaim diri kita terserang penyakit masuk angin.

Benarkah penyakit masuk angin itu ada, lalu apa sebenarnya penyakit masuk angin?

Menurut Wikipedia, Senin (16/10/2017) Masuk angin adalah suatu “penyakit” yang disebabkan akibat berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Masuk Angin diyakini menjadi penyakit yang nyata, namun saat ini belum ada bukti medis untuk mendukung klaim ini.

Biasanya penyebab utamanya adalah udara dingin yang berlebihan. Contohnya adalah terlalu lama di ruangan AC (Air Conditioning), bermain hujan-hujanan, cuaca yang dingin, dan lainnya. Penyebab lainnya adalah terlalu banyak tertawa, salah makan, atau karena terlalu lelah.

Pada masa peralihan cuaca angin seringkali angin bertiup kencang. Angin sering disalahkan karena masuk ke tubuh tanpa permisi dan menyebabkan badan terasa tak enak. Angin sering dituduh masuk ke tubuh tanpa permisi ketika tubuh terekspos angin yang bertiup kencang.

Masuk angin sebenarnya merupakan kumpulan gejala yang terjadi akibat gabungan kelelahan fisik, terlambat makan, dan stres pikiran. Karena gabungan ketiga hal itu, terjadilah pembentukan gas berlebihan di lambung dan usus. Kemudian timbul perasaan penuh di usus lalu mulas, diikuti mual dan muntah. Kalau sudah begini, inilah yang disebut masuk angin.

 

ASM

Bagikan:

Komentar Anda