EDfow.com – Indonesia patut berbangga karena tidak hanya memiliki keanekaragaman hayati namun juga memiliki keanekaragaman bahasa dari beragam daerah yang tersebar di Indonesia, salah satunya bahasa Jawa yang berasal dari suku Jawa, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta dan sebagian Jawa Barat.

Namun tahukah kita kalau bahasa Jawa rupanya banyak digunakan dibeberapa negara, dalam kesehariannya menggunakan bahasa Jawa. Dikutip dari beberapa sumber pada Selasa (17/10/2017). Terdapat 7 negara yang menggunakan bahasa Jawa, yaitu:

1.      Indonesia

Indonesia, hampir di setiap daerah di Indonesia terdapat suku Jawa dan dalam kesehariannya, berdialog menggunakan bahasa Jawa. Terutama untuk daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. Orang-orang Jawa pun banyak bertebaran di beberapa daerah di Indonesia dan dalam kesehariannya tetap menggunakan bahasa Jawa.

2.      Malaysia

Malaysia, merupakan negara serumpun dengan Indonesia, sebagian penduduknya adalah rumpun Melayu. Keunikan Suku Jawa di Malaysia memiliki populasi yang cukup signifikan. Di beberapa wilayah seperti Johor dan selanggor dan meski sudah diakui sebagai Melayu Pribumi mereka tetap menggunakan bahasa Jawa dalam kesehariannya.

3.      Singapura

Singapura, di sini bahkan terdapat sebuah tempat bernama “Kampong Jawa” terletak di tepi sungai Rochor, merupakan kawasan pemukiman orang-orang Jawa.  Ada sejak 1825 dan hingga saat ini, meski sudah menjadi warga negara Singapura dalam kesehariannya masih menggunakan bahasa Jawa.

4.      Kepulauan Cocos di Australia

Kepulauan Cocos adalah sebuah daerah yang berada di wilayah teritorial Australia. Mayoritas penduduk di pulau ini adalah orang Melayu sehingga di kehidupan sehari-hari mereka menggunakan bahasa Melayu. Dari keseluruhan orang Melayu yang berada di negara ini, tidak sedikit dari mereka yang berasal dari etnis Jawa dan masih menggunakan bahasa Jawa.

5.      Belanda

Universiteit Leiden, merupakan universitas tertua di Belanda yang didirikan 1575. Universitas yang didirikan Pangeran Willem van Oranje ini merupakan tempat dari sekitar 17 ribu mahasiswa menimba ilmu tentang kebudayaan dan juga bahasa Jawa.  Bahkan di Universiteit Leiden naskah-naskah kuno menggunakan huruf Jawa atau sastra Jawa kontemporer yang masih terjaga dan terawat.

6.      Suriname

Republik Suriname, dulu bernama Guyana Belanda atau Guiana Belanda adalah sebuah negara di Amerika Selatan dan merupakan bekas jajahan Belanda. Negara ini berbatasan dengan Guyana Perancis di timur dan Guyana di barat di sana pun banyak orang-orang Jawa yang menetap dan menggunakan bahasa Jawa.

7.      Kaledonia Baru

Kaledonia Baru, atau dalam penggunaan resmi digunakan nama New Caledonia, adalah sebuah wilayah yang berstatus jajahan sui generis Perancis. Wilayah ini terletak di sub-benua Melanesia di Samudra Pasifik sebelah barat daya. Penduduk asli dari pulau Kaledonia Baru adalah suku Kanak yang berasal dari ras Melanesia.

 

ASM

Bagikan:

Komentar Anda