EDfow.com – Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, Melani Mustari mengapresiasi rencana Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Makassar untuk mengangkat guru sukarela menjadi guru honorer.

Namun, ia berharap tidak ada lagi guru titipan yang ada di sekolah-sekolah, yang disampaikan saat menjadi narasumber pada diskusi yang diadakan DPRD Kota Makassar tentang tata kelola kualitas pendidikan di Kota Makassar, di Hotel Continent, Kamis (19/10/2017).

“Jadi tahun ini, alhamdulillah ada pengangkatan dari guru sukarela menjadi guru honorer sekitar 2.500 lebih. Tapi semoga tidak adaji lagi titipan, karena kan biasa itu ada yang dititip-titip,” ungkapnya.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar membantah, menurutnya jumlah guru yang diangkat menjadi guru honorer itu sesuai dengan kebutuhan sekolah dan laporan dari pihak sekolah. Sehingga, dari anggaran yang dimiliki itu hanya mampu menganggarkan 1.815 orang.

“Dasarnya dari sekolah, Ini kan diangkat sekolah karena kekurangan guru honor. Itu kita minta kepada sekolah untuk menyusun dan laporkan ke Disdik. Dan kita hitung dari alokasi dana yang tersedia,” ungkapnya.

Lanjutnya, sementara jumlah guru yang ada sekarang itu sekitar 2.600 yang kemudian dari Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Makassar diminta untuk semuanya diangkat menjadi guru honorer dan digaji oleh melalui APBD.

“Kita menghitung dari besaran anggaran yang kita dapatkan. Kita coba lihat berapa orang yang bisa memenuhi 3 M itu. Sehingga dapat besaran Rp550 ribu. Makanya kita ambil dari masa kerja dan cakupan dana yang tersedia. Maka didapat 1.800 dengan 3 M,” bebernya.

Untuk menutupi sekitar 900 guru lainnya, Dinas Pendidikan Kota Makassar dan Banggar DPRD Kota Makassar telah mengalokasikan anggaran kegiatan yang tidak sempat dilakukan di tahun ini, untuk menutupi kekurangan anggaran untuk guru honorer sekitar 1,6 miliar.

“Sekitar 1,6 M. Sudah disahkan, kan kemarin mereka (Banggar) yang mengusulkan,” lanjutnya.

Kemudian, nantinya ini akan ditawarkan kepada Sidang Paripurna Pengesahan APBD Perubahan TA 2017 yang akan dilaksanakan 27 Oktober mendatang.

AIN

The post Belum Disahkan, Jumlah Guru Honorer Terus Jadi Polemik appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda