EDfow.com – Daun pepaya, meski memiliki rasa pahit. Namun siapa sangka rasa pahit yang dikandungnya, rupanya memliki banyak manfaat bagi kesehatan bahkan beberapa negara telah memanfaatkannya sebagai obat Kemoterapi.

Melansir Dokter OZ Indonesia pada Jumat (20/10/2017), dr. Reisa Broto Asmoro mengungkap beberapa manfaat daun pepaya.

Pertama, sebagai obat herbal anti kanker. Rebusan daun pepaya jika diminum secara rutin dapat melawan berbagai macam kanker seperti, kanker rahim, kanker payudara, kanker hati, dan kanker paru-paru akibat racun yang terdapat dalam tubuh, karena daun pepaya mengandung getah putih.

Manfaat lain daun pepaya adalah membantu pencernaan, menghambat bakteri. Apabila daun pepaya dijus, daun pepaya akan menghasilkan 50 nutrisi seperti vitamin A, B, dan C yang dapat menghambat mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit dan berbagai bentuk sel kanker. Karena Zat karpain yang dikandungnya.

Manfaat berikutnya, daun pepaya dapat melindungi usus dari serangan cacing, karena daun pepaya mengandung zat tanin yang mampu membunuh cacing yang terdapat pada usus.

Sementara itu, daun pepaya juga ampuh hilangkan nyeri haid. Dengan meramu daun pepaya mentah dengan asam jawa, garam, dan air secukupnya, lalu direbus hingga mendidih, dapat menghilangkan nyeri haid yang kerap kali dikeluhkan perempuan saat datang bulan.

 

ASM

Bagikan:

Komentar Anda