EDfow.com – Pernah makan sesuatu atau memegang makanan, lalu makanan kita jatuh ke lantai atau bahkan ke tanah tanpa sengaja, tak pelak kita akan memungutnya lalu menyantapnya dengan alasan ‘Belum 5 menit.

Prinsip ini, rupanya sudah mendarah daging sejak lama. Di Indonesia prinsip makanan jatuh dianut dengan ‘Belum 5 menit’ sementara di negara barat justru menganut prinsip ‘Belum 5 detik’. Namun benarkah makanan yang telah terjatuh tersebut masih higenis untuk dikonsumsi?

Kebersihan makanan yang telah jatuh sebelum 5 menit di Indonesia, memang menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Berdasarkan penelusuran EDfow.com, Minggu (22/10/2017).

Menurut profesor Paul Dawson dari Clemson University, Jangankan 5 detik apalagi 5 menit, makanan yang jatuh akan langsung terkena kuman seketika itu juga.

Sementara peneliti lain, profesor Anthony Hilton, dari Aston University mengaku setuju dengan prinsip ‘Belum 5 menit’ lanataran jumlah kuman yang menempel pada makanan yang jatuh baru akan bertambah setelah 5 detik tidak diambil.

Kendati demikian ia tetap menjelaskan makanan jatuh yang masih bisa dikonsumsi.

“Makanan yang jatuh beberapa detik di lantai tidak bisa bebas seluruhnya dari risiko. Bila makanan terkena kotoran yang jelas terlihat, tentu jangan dimakan. Tapi, bila tidak jelas terkontaminasi, sains menunjukkan makanan itu kurang mungkin mengandung bakteri hanya dengan beberapa detik terkena lantai dalam ruangan,” jelas Profesor Hilton.

ASM

Bagikan:

Komentar Anda