EDfow.com- Lurah Karunrung, Kecamatan Rappocini, Fandy Wiranto Iqbal Hafid panen sayur Daun Selada di kebun Hidproponik milik, Haryono, salah satu warga RW 01, Minggu (22/10/2017).

Ia mengatakan, sangat mengapresiasi usaha warga membudidayakan beberapa tanaman dan sayur-sayuran pada kebun Hidprononik, yang diketahui memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah, dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman ini.

Kedepan kata dia, pihak kelurahan akan berupaya mengembangkan budidaya tanaman dengan teknik Hidroponik ini. Karena teknik ini amat bermanfaat untuk bercocok tanam didalam wilayah kota, lantaran dapat menjadi solusi atas minimnya ketersedian lahan untuk bercocok tanam.

“Saat ini Pemerintah Kelurahan bersama masyarakat berupaya mengembangkan tehnik budi daya tanaman Hidroponik di lorong. Insyaallah beliau (Haryono) bersedia untuk melatih dan ikut mensosialisasikan kepada warga,”ujarnya kepada EDfow.com.

Fandy Wiranto Iqbal Hafid yang juga Pernah Menjadi Lurah Di Bonto Makkio, Kecamatan Rappocini menuturkan, pihaknya kini telah melakukan pengembangan teknik menanam ini di tiga lorong didaerahnya, salah satunya di Jalan Bonto Karaeng Tangga 2.

“Sudah ditetapkan 3 lorong sebagai percontohan budi daya hidroponik. Dan Alhamdulillah warga menyambut dengan antusias,” Ungkapnya

Ia berharap, budidaya sayuran dengan teknik pemanfaatn air ini dapat terus berkembang, sehingga dapat bernilai ekonomis bagi warga, khususnya warga di lorong-lorong.

“Diharapkan kegiatan ini bisa dilakukan secara lebih masif lagi dan hasilnya selain menjadi konsumsi pribadi bisa menyuplai kebutuhan sayuran organik baik ke swalayan, restoran dan dipasarkan secara online,” pungkasnya.

 

Bagikan:

Komentar Anda