EDfow.com – Kanker prostat merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada pria, usia diatas lima puluh tahun. Penyakit ini ditandai dengan adanya pembesaran pada prostat yang merupakan kelenjar yang terdapat dibawah kandung kemih pria yang berfungsi memproduksi cairan dan menyalurkan sperma.

Penyakit ini menjadi salah satu ke-khawatiratiran bagi pria. Musabab, tak jarang pria mengalami penyakit ini, lalu apa gejalanya? Berdasarkan penelusuran EDfow.com dari berbagai sumber, Selasa (24/10/2017).

Spesialis Urologis dr. Azwar Amir, SpU menjelaskan “penyakit prostat disebabkan oleh produksi hormon pada usia lanjut, umumnya terjadi pada pria berusia diatas lima puluh tahun bahkan pada usia empat puluh lima tahun pun perlu berhati-hati,” Jelasnya.

Gejalanya bermacam-macam. Diantaranya tidak merasa puas pada saat Buang Air Kecil (BAK). Selain itu, BAK pun terkadang harus menunggu lama. Kendati demikian ada juga yang malah sebaliknya yakni sering-sering buang air kecil.

“Setelah buang air secara berulang kali dua sampai tiga kali,” terangnya.

Menurut dr. Azwar “Gejala lainnya ketika seseorang bangun, dua sampai tiga kali dalam semalam untuk buang air kecil. Ini merupakan salah satu tanda pembesaran prostat kelenjar menyerupai buah kenari,” tuturnya.

Meskipun cenderung mendera pada usia lanjut, akan tetapi hal ini perlu diwaspadai sejak dini apalagi penyebab utamanya masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa indikasi penyebab penyakit prostat tersebut, yakni kurangnya menjaga kebersihan alat kelamin yang menimbulkan jamur atau infeksi pada alat kelamin tersebut sehingga munculah penyakit prostat.

ASM

Bagikan:

Komentar Anda