EDfow.com – Dua tulisan tangan Albert Einstein berhasil dilelang dengan harga yang fantastis di balai pelelangan yang berbasis di Israel, Winner’s.

Tulisan tersebut adalah berupa catatan yang diberikan Einstein untuk seorang kurir di Tokyo pada November 1992, sebagai pengganti imbalan.

Kedua catatan itu pun ditulis Einstein di atas kertas dengan kepala surat Hotel Imperial di Ginza, Tokyo.

Pada masa itu, Einstein sempat memberikan kuliah umum selama beberapa kali di Jepang. Hingga akhirnya mendapat kabar bahwa dirinya memenangkan penghargaan Nobel Fisika.

Namun, tahukah anda seperti apa isi tulisan einstein yang dilelang tersebut hingga mencapai harga $ 1,8 juta atau senilai dengan harga Rp 24,4 miliar.

Dilansir melaui Kompas pada Rabu (25/10/2017), ternyata apa yang dituliskan Einstein di atas kertas itu, adalah rahasia tentang kebahagiaan.

Catatan pertama yang diperkirakan hanya akan akan terjual sekitar Rp 67 juta hingga Rp 108 juta itu, ternyata  berhasil terjual dengan senilai 1,56 juta dolar AS atau setara dengan Rp 21,1 miliar.

“Tenang dan rendah hati akan membawa lebih banyak kebahagiaan ketimbang mengejar kesuksesan sehingga kegelisahan senantiasa akan menyertainya,” demikian isi catatan Einstein.

Sementara itu, tulisan kedua Einstein, berupa catatan yang lebih pendek dari catatan sebelumnya, berhasil terjual seharga 240 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 3,2 miliar, dengan tulisan seperti berikut.

“Jika ada kemauan, pasti ada jalan.”

Diketahui, penjual kedua catatan tersebut, tidak lain adalah kerabat sang kurir yang tidak ingin disebut namanya.

 

ANT

Bagikan:

Komentar Anda