EDfow.com – Soal Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmangtyo yang dicekal masuk ke Amerika Serikat menjadi berita terpopuler dunia versi Kompas sejak Rabu (25/10/2017) siang hingga Kamis pagi ini.

Berdasarkan pantauan Liputan Utama melaui laman Kompas, Kamis (26/10/2017), berita Jenderal Gatot tersebut menjadi salah satu berita dari lima berita di tangga berita dunia terpopuler.

Kelima berita tersebut secara berurut adalah Soal Jenderal Gatot, Robot Seks Masa Depan, Mark Zuckerberg (founder dan CEO Facebook), Kuda Nil Keroyok Seekor Buaya di Taman Nasional Serengeti dan ISIS Pakai Foto Lionel Messi Menangis Darah.

Dari kelima berita tersebut ternyata soal Jenderal Gatot menjadi berita paling teratas untuk tangga berita dunia terpopuler versi Kompas.

Betapa tidak, Panglima TNI RI Jenderal Gatot Nurmangtyo dan istri serta delegasinya gagal berangkat ke Washington DC, Amerika Serikat (AS), karena pihak maskapai Emirates menolak lantaran dilarang oleh keimigrasian Amerika Serikat padahal maksud kunjungannya ke AS untuk memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Joseph F Durford.

Berita tersebut pun mejadi pembicaraan warganet dan banyak dikabarkan di media nasional serta dimuat di laman resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat Minggu (22/10/2017), yang tak hanya dibaca oleh Indonesia namun dunia, hingga akhirnya Menteri Luar Negeri RI (Menlu), Retno Marsudi memanggil Wakil Duta Besar (Dubes) AS, Erin Elizabeth McKee di Jakarta, Senin (23/10/2017).

Dengan pertemuan itu, Retno meminta penjelasan dari pihak AS dan akhirnya pihak Dubes AS meminta maaf atas kejadian tersebut. Alhasil, demi menjaga hubungan dengan AS, Jenderal Gatot pun dipastikan bisa kembali melakukan perjalanan lagi ke AS.

 

ANT

Bagikan:

Komentar Anda