EDfow.com – Di zaman serba digital ini, alat digital seperti laptop, komputer, TV dan handphone/gadget menjadi sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Sejalan dengan hal tersebut, waktu yang dihabiskan seseorang menatap layar pun mulai bertambah.

Namun, perlu diketahui jika kondisi tersebut terus dibiarkan, maka kesehatan mata dapat tergangu. Seperti penglihatan kabur dan mata kering, serta sakit bagian atas dan kepala. Sebagian dari kerusakan kemungkinan besar berasal dari cahaya biru berenergi tinggi yang dipancarkan gadget, yang dapat merusak sel di retina karena degenerasi makula.

Dilansir dari Metrotvnews, Kamis (26/10/2017), Jim Stringham, neuroscientist di University of Georgia mengatakan, hanya dua jam berada atau menatap layar komputer berpotensi mengembangkan sindrom penglihatan komputer atau sering disebut digital eye strain sebesar 90 persen.

Berikut tipsnya:

1. Duduk sektar 20 sentimeter dari layar komputer

Duduk tidak terlalu dekat dengan layar dapat membuat mata Anda tidak menyipit sehingga Anda akan sedikit mengalami sakit kepala dan mengurangi risiko sindrom penglihatan komputer.

2. Berikan pelindung layar

Lampu yang terang dan sinar matahari memantul ke monitor dan melempar kembali ke mata Anda sehingga membuatnya iritasi. Beri filter atau pelindung dari sinar yang terlalu terang. Kurangi juga tingkat kecerahan di perangkat komputer atau gadget Anda.

3. Perbesar teks pada gadget Anda

Sebenarnya, mata Anda berjuang keras untuk membaca tulisan atau teks di layar yang terdiri dari piksel dengan tepian buram sehingga menyebabkan kelelahan pada mata. Tulisan yang Anda lihat seharusnya tiga kali ukuran terkecil yang bisa Anda baca dari posisi normal Anda.

4. Terapkan aturan 20-20

Setiap 20 menit, cobalah untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Ini untuk melemaskan otot mata dan mengurangi gejala pesudomyopia.

5. Jaga mata tetap berair

Jika mata Anda kering, oleskan tetes mata dua hingga tiga jam sehingga mata tetap berair. Mata yang kering dapat memicu iritasi.

6. Makan bayam

Sebuah penelitian menunjukkan orang-orang yang mengonsumsi suplemen lutein dan zeaxanthin setiap hari (setara dengan 2 mangkuk besar bayam setiap hari) selama enam bulan, melaporkan 29 persen lebih sedikit alami kelelahan mata dan sakit kepala yang lebih rendah.

Retina pada mata menyedot nutrisi yang sebagian besar terkandung dalam bayam dan menggunakannya untuk menyaring sinar biru yang merusak mata.

Anda juga bisa menjaga kelembapan mata dengan secara perlahan menutup mata selama dua detik, pejamkan dengan kuat selama 2 detik, kemudian buka kembali. Ulangi latihan ini setiap satu jam sekali untuk membantu menjaga permukaan mata tetap lembap.

ANT

Bagikan:

Komentar Anda