EDfow.com– Konjungtivis atau sakit mata merah, akibat radang pada selaput bening mata (konjungtiva). Adalah sakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur dan lain-lain. Lalu benarkah penyakit mata merah dapat tertular hanya melalui pandangan mata atau hanya mitos?

Dilansir dari DR OZ Indonesia, Sabtu (28/10/2017) penyakit konjungtivis tidak akan tertular hanya melalui pandangan mata, konjungtivis hanya akan tertular melalui tangan yang kotor.

Misalnya, penderita konjugtivis menggosok-gosok matanya lalu bersalaman dengan orang yang sehat tanpa cuci tangan terlebih dahulu. Dan yang sehat pun menggossok matanya tanpa mencuci tangan, akibatnya kuman yg ada pada mata terhantar melalui tangan ke mata.

Penyakit konjungtivitis ini bervariasi sesuai dengan kuman penyebab. Namun secara umum, gejalanya berupa selaput bening mata berwarna merah, terasa ada yang mengganjal di mata, mata sakit, gatal, bengkak dan berair.

Biasanya, orang mengalami penyakit ini menggunakana Kacamata, sebenarnya bukan karena takut menularkan. Namun lebih kepada penampilan, pasalnya jika konjungtivis mendera, ini akan membuat kepercayaan diri berkurang.

Bagikan:

Komentar Anda