EDfow.com-  Hari ini, 28 Oktober 2017 merupakan peringatan hari  Sumpah Pemuda Indonesia. Sumpah  Pemuda merupakan  sumpah setia hasil rumusan  Pemuda Pemudi Indonesia (PPI) pada Kongres kedua  tanggal 28 Oktober 1928 atau  89 tahun yang lalu.

Hasil rumusan Sumpah Pemuda merupakan hasil dari gagasan  Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI).  Atas kecintaannya terhadap Tanah Air, Bangsa dan Bahasa Indonesia-lah yang melatarbelakangi mereka merumuskan Sumpah Pemuda dengan maksud mempersatukan perbedaan yang ada.

Semua rumusan sumpah pemuda ditulis oleh Mohammad Yamin menggunakan ejaan lama berikut ini;

 

Sebenarnya Sumpah Pemuda telah diwacanakan sejak  tahun 1921. Namun, pembicaraan para nasionalisme baru benar-benar dibicarakan pada 30 April hingga 2 Mei 1926 lalu. Dan hasil rumusan Sumpah Pemuda baru dideklarasikan pada Kongres kedua, 28 Oktober 1928 oleh Sugondo Joyopuspito.

Saat itu, W.R. Supratman juga bermain biola memperkenalkan lagu Indonesia Raya untuk pertama kalinya, Sugondo bahkan sempat memprotes karena telalu banyak kata “Indonesianya”. Di Jantung Ibu Kota Negara, Kota Jakarta , tepatnya di jalan Keramat, bahkan terdapat Museum  Sumpah Pemuda yang menggambarkan susasana saat Kongres dilaksanakan

Museum Sumpah Pemuda di jalan Keramat Kota Jakarta.
Bagikan:

Komentar Anda