EDfow.com- Menyadari pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Himaskemas) Universitas Muslim Indonesia (FKM-UMI) melakukan penyuluhan di taman baca, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang,  Minggu (29/10/2017).

Menurut Dira, salah seorang mahasiswa Himaskesmas FKM-UMI, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah hal vital yang harus dimiliki setiap warga dan wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ia menuturkan, sampah menjadi fokus utama PHBS untuk disosialisasikan kepada masyarakat, apalagi mayoritas warga di sekitar TPA berprofesi sebagai kuli sampah, sehingga baginya penting, bagi para kuli sampah tersebut tetap dapat bekerja dan memahami pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit.

“Kami membahas PHBS namun berfokus pada sampah, disesuaikan dengan lokasi kegiatannya,” ujar Dira, salah satu pemateri, saat ditemui usai penyuluhan.

Dira juga menjelaskan kepada masyarakat cara menjalankan pekerjaaan sebagai kuli sampah namun tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit.

“Masyarakat disini hampir semuanya berprofesi sebagai pemulung, sementara kita tahu bahwa sampah sangat rawan menjadi sumber penyakit,” jelasnya.

Sementara itu, Pengelola taman baca TPA Antang, yang turut hadir sebagai peserta penyuluhan mengaku senang dengan kegiatan yang diadakan mahasiswa FKM UMI ini.

“Sangat bagus, memang masyarakat disini butuh kegiatan yang membuat mereka sadar akan pentingnya menjaga kesehatan,” ucapnya.

ASM

Bagikan:

Komentar Anda