EDfow.com – Sering kita mendengar waktu tidur minimal adalah 6 jam sehari setelah melakukan berbagai aktifitas di siang hari. Hal tersebut umumnya diketahui berlaku untuk semua usia.

Namun tahukah anda bahwa jumlah waktu tidur yang ideal itu dipengaruhi oleh usia yang dimiliki?

Dilansir dari CNN Indonesia melaui laman Independent, National Sleep Foundation (NSF) dan panel yang terdiri dari 18 ilmuwan medis dan para peneliti mengulas lebih dari 300 penelitian tentang tidur. Mereka mencoba menemukan jumlah waktu yang tepat seseorang harus tidur sesuai dengan usia.

NSF menjelaskan Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda, tergantung pada usia. Kendati demikian, gaya hidup dan kesehatan juga tetap sangat memengaruhi kebutuhan tidur seseorang.  

Sementara jawaban sederhana mengatakan tidak ada jumlah waktu tidur sempurna untuk memenuhi setiap individu, NSF menerbitkan laporan yang memperbarui rekomendasi tidur untuk segala usia.

Alhasil, rekomendasi bagi orang dewasa tidak berubah. Namun, laporan itu menambahkan dua kategori baru, orang dewasa muda dan orang dewasa yang lebih tua. Jumlah waktu tidur yang ideal adalah sebagai berikut:

Bayi yang baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam per hari

Bayi (4-11 bulan): 12 – 15 jam per hari

Balita (1-2 tahun): 11-14 jam per hari

Anak pra-sekolah (3-5 tahun): 10-13 jam per hari

Anak usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam per hari

Remaja (14-17): 8-10 jam per hari

Orang dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam per hari

Dewasa (26-64): 7-9 jam per hari

Orang dewasa yang lebih tua (di atas 65 tahun): 7-8 jam per hari

 

ANT

Bagikan:

Komentar Anda