EDfow.com – Jika Hening Cipta sering dilakukan setiap tahun pada 10 November untuk memperingati Hari Pahlawan, maka tahun ini hening cipta kembali akan digelar dengan serentak selama 60 detik dan lebih massif.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Hartono Laras, di Surabaya, Senin (30/10/2017).

Dilansir dari Kompas Minggu (31/10), kegiatan mengheningkan cipta itu rencananya akan dilakukan tepat pada pukul 08.15 waktu setempat di seluruh tempat. Misalnya, di bandara, pelabuhan, terminal, jalan raya, hingga di lingkungan rumah.

“Pukul 08.15 merupakan waktu saat terjadi peristiwa heroik pada 10 November 1945 di Surabaya,” ujar Hartono.

Agar hal itu dapat terlaksana, Hartono mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri agar instruksi mengheningkan cipta dilaksanakan di instansi pemerintah dari pusat hingga daerah dan kepolisian.

Sementara itu, terkait teknisnya, ia juga berkoordinasi dengan kepolisian agar lalu lintas di jalan raya dapat dihentikan selama 60 detik untuk mengheningkan cipta.

“Kita ini bangsa pelupa. Kerelaan berkorban sekarang tidak mudah dilakukan. Padahal, para pahlawan berjuang tanpa pamrih, kecintaan mereka pada Tanah Air membuat pantang menyerah,” kata Hartono.

 

ANT

Bagikan:

Komentar Anda