LiputanUTAMA.com – Berpaling dari hiruk pikuk wajah perkotaan,  beranjak  melepas penat. Menemukan surga wisata bahari bernama Pulau Lanjukang, salah satu pulau yang menawarkan keindahan yang menggoda.

Dan inilah pesona pulau Lanjukang  dengan terumbu karang yang indah, menggoda hati para pelancong untuk melakukan snorkeling, menyelami laut Lanjukang. Berada sekitar 40 km dari pusat Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Kota Makassar.

Senia Green, menikmati snorkeling di Pulau Lanjukang.

Pulau Lanjukang merupakan salah satu bagian dari pulau yang disebut dengan Kepulauan Spermonde, yang tersebar di beberapa daerah Kapupaten Sulsel yang mencapai 121 Pulau.

Pulau Lanjukang dapat diakses melalui Pelabuhan Bangkoa atau Pelabuhan Paotere Kota Makassar. Waktu tempuhnya pun, hanya memakan waktu sekitar satu setengah jam menggunakan Speedboat dan sekitar 3 jam menggunakan kapal konvensional.


Konon, Pulau Lanjukang lahir sejak tahun 1941. Sejak pulau ini didatangi Suku Mandar, salah satu tokoh masyarakatnya bernama Puang Lanju. Setelah meninggal, masyarakat setempat hanya mengingat nama tokoh masyarakatnya tersebut. Lantaran tersebutlah Pulau ini dinamai Pulau Lanjukang.

Selain itu, menurut versi lain sejarah Pulau Lanjukang berawal dari kisah perjalanan dari pulau ke pulau. Kerajaan Gowa yang memberi nama tiga pulau luar Kota Makassar. Pertama,  Pulau Lumu-Lumu  saat Raja Gowa membersihkan armada kapalnya dan menemukan lumut. Sejak saat itu, hadirlah Pulau Lumu-Lumu.

Berikutnya, ada Pulau Langkai yang konon diberi nama Langkai (Bahasa Makassar) yang artinya melangkahi. Lantaran harus dilangkahi sebelum bertemu dengan Pulau Lanjukang, (Bahasa Makassar) yang artinya Lanjutan dari perjalanan  armada kapal Kerajaan Gowa. Akhirnya Pulau tersebut deiberi nama Pulau Lanjukang.

Awalnya Pulau ini merupakan bagian dari Kelurahan Barrang Caddi Kecamatan Ujung Tanah. Namun, setelah Pemerintah Kota Makassar memekarkan Kepulauan Sangkarrang menjadi Kecamatan baru pada awal tahun 2017 lalu.

Pulau Lanjukang, kini merupakan bagian dari Kelurahan Kepulauan Barrang Caddi, Kecamatan Sangkarrang.  Pantai yang landai dan air laut yang jernih bak etalase, membuat mata terpesona memandangi lalu lalang ikan, dengan warna-warni yang membuai mata.

Apalagi terumbu karangnya yang menjadi primadona laut dengan kebersihan yang tetap terjaga membuat para pelancong ingin lama-lama untuk tetap tinggal. Bahkan tak hanya mengundang wisatawan lokal, para wisatawan mancanegara pun kerap terpantik untuk datang menghabiskan waktu liburnya.

Senia Green misalnya,  Blasteran Inggris-Indonesia ini terkagum-kagum, saat bertandang ke Pulau Lanjukang. Ia pun begitu betah menikmati suguhan bawah laut, Pulau Lanjukang. “Sungguh indah Kepulauan Lanjukang, Sangkarrang ini, pasirnya begitu halus, lautnya begitu indah, liburan kali ini terbayar lunas dan berharap bisa berkunjung kembali kesini,” ungkapnya.

Selain disuguhi pemandangan yang menggoda, para pelancong yang datang juga disuguhi denga keramahan warga setempat menyambut para wisatawan.

Lurah Barrang Caddi, Syahrir mengatakan, Pulau-pulau terluarnya memang sering dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun asing. Rata-rata pengunjung menyampaikan kepada dirinya, kagum dengan pesona bawah laut yang dimiliki Pulau terluar  Kota Makassar.

“Banyak sekali kunjungan yang datang, baik wisatawan lokal maupun asing. Mereka selalu ingin kembali karena kagum dan merasa senang, karena di terima dengan baik disini, seperti dosen dan mahasiswa universitas Indonesia yang berada seminggu di pulau.” Tutupnya.

Nah, pembaca EDfow.com. Bingung mau menghabiskan akhir pekan Anda di mana? Pulau Lanjukang salah satu solusinya. WIN  

Bagikan:

Komentar Anda