EDfow.com- Dispepsia merupakan salah satu penyakit yang seringkali mendera seseorang saat terlambat makan. Dispepsia atau gejala sakit maag merupakan masalah gangguan kesehatan pada  lambung akibat terjadi kekosongan

Melansir  DR OZ Indonesia, Jumat (03/11/2017). Gejala sakit maag dapat ditandai dengan adanya rasa nyeri atau tidak nyaman pada ulu hati.

“Gejala Dispepsia atau sakit maag datang dengan keluhan seperti rasa mual bahkan sampai muntah. Selain itu, timbul keluhan-keluhan lain seperti kembung, cepat kenyang, nafsu makan yang berkurang dan radang pada lambung, “ Kata dr. Ari Fachrial, Konsultan penyakit lambung dan pencernaan.

Radang pada lambung diakibatkan oleh keadaan asam lambung yang tidak seimbang, sedangkan pertahanan mukosa dalam keadaan normal.  Yang menurunkan  kombinasi antara peningkatan jumlah asam dengan penurunan pertahanan mukosa.

“Pemicu lain dikarenakan  akibat stress, minum minuman bersoda terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan, bahkan makan  tidak teratur pun menjadi salah satu pemicunya,” Tambahnya.

Ada dua jenis penyakit maag yakni maag fungsional dan  maag  organik. Maag fungsional ini biasanya terjadi pada anak usia remaja hingga usia 40 tahun. Stress yang seringkali dialami seseorang terutama faktor kecemasan atau ansietas berhubungan erat dengan faktor psikis juga akan sangat mempengaruhi terjadinya sakit maag.

Sedangkan penderita maag organik  berkisar pada usia 40 tahun keatas ditandai oleh kelainan-kelainan pada organ lambung pada pemeriksaan endoskopi terdapat luka pada kerongkongan, tukak pada lambung dan atau usus dua belas jari.

(ASM)

 

 

Bagikan:

Komentar Anda