EDfow.com– Setiap orang memiliki ukuran kebahagian tersendiri pada hidupnya. Lantas seberapa besar ukuran kebahagian Anda? Apakah kebahagian Anda diukur dengan kepuasan materi semata atau sesederhana orang tersenyum?

Mengutip Kompas.com, Sabtu (4/11/2017) berdasarkan penelitian Harvard Study of Adult Development yang dilakukan selama 75 tahun, faktor terpenting dalam kebahagiaan sejati adalah memiliki hubungan baik terhadap keluarga, pasangan, dan teman.

“Pesan penting yang kami dapat dari penelitian selama 75 tahun ini sangat jelas, hubungan yang baik membuat kita sehat dan bahagia,” kata direktur penelitian Dr.Robert Waldinger, profesor psikiatri di Universitas Harvard.

Bagaiamana? Apakah anda memiliki hubungan baik terhadap keluarga, sahabat, pasangan ataupun teman anda? Jika ia, berarti Anda teemasuk orang bahagia.

Menjaga ikatan yang kuat dengan orang lain akan melindungi kita dari penyakit mental, penyakit kronik, dan juga penurunan memori otak atau penyakin anak “Jaman Now” penyakit galau.

“Stres kronik karena kesepian, tidak bahagia, akan dirasakan tubuh dan berakumulasi,” Ujar Waldinger.

ASM

Bagikan:

Komentar Anda