EDfow.com- Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan tanpa harus merogoh kocek yang besar. Belakangan ini  lari telah menjadi salah satu aktivitas  yang tak hanya menjadi olahraga. Namun juga sudah menjadi tren gaya hidup yang banyak diminati  masyarakat.

Lantas apa saja manfaat melakukan olahraga lari? Berdasarkan yang dirangkum EDfow.com, Senin (6/11/2017) melalui laman Alodokter. Berikut manfaat melakukan aktivitas lari:

1.Mengurangi berat badan
Olahraga lari dapat memicu pembakaran kalori dalam tubuh Anda. Banyaknya kalori yang dibakar dipengaruhi oleh seberapa cepat dan seberapa jauh jarak lari Anda. Meski banyaknya kalori juga dipengaruhi oleh faktor lain misalnya berat badan, tapi setidaknya dalam jarak 1,5 km Anda dapat membakar kurang lebih 100 kalori dari dalam tubuh.

2.Baik bagi kesehatan lutut
Melakukan olahraga lari dapat berperan pada lutut yang sehat, bahkan pada penderita arthritis sekalipun. Studi menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga lari dapat menurunkan risiko arthritis pada lutut dan pinggul, serta merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut.

3.Mencegah osteoporosis
Olahraga lari dapat memicu pembentukan sel-sel tulang baru. Hal ini yang membuat tulang Anda menjadi lebih kuat dan dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

4.Mengurangi risiko jantung koroner
Berlari lebih dari 16 km per minggu setidaknya bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh Anda. Manfaat lari lainnya yang bisa Anda dapat yaitu, berkurangnya kadar trigliserida dan lemak dalam tubuh. Dan jika Anda bisa meningkatkan jarak lari hingga 80 km per minggu, Anda akan mengalami peningkatan HDL yang signifikan. 

 

ASM

Bagikan:

Komentar Anda