EDfow.com – Upah Minimum Kota (UMK) merupakan upah minimum yang berlaku di sebuah wilayah Kabupaten/Kota, yang kemudian nantinya ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.

Dengan itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar Irwan Bangsawan akan melakukan Rapat pleno penetapan UMK besok di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Jalan A.P. Pettarani, 07 November besok.

Ia yang dikonfirmasi melalui telfon selulernya menjelaskan bahwa rapat pleno yang akan dilaksanakan besok dilakukan bersama dengan Dewan Pengupahan, yang kemudian akan menetapkan berapa standar upah yang diberikan untuk buruh yang ada di Kota Makassar.

“Besok, kita akan adakan rapat di kantor (dinas tenaga kerja) bersama dengan dewan pengupahan,” ungkapnya, Senin (06/11/2017).

Selain Dewan Pengupahan, rapat tersebut nantinya juga akan dihadiri oleh serikat buruh yang telah membawa aspirasi kenaikan UMK.

Sejauh ini, pihaknya belum mampu memberikan mengenai besaran jumlah UMK yangakan ditawarkan di rapat pleno nantinya. Dikarenakan, menurutnya persoalan upah buruh itu merupakan kesepakan bersama dengan Dewan Pengupahan.

“Saya belum bisa sampaikan, karena itu harus dibahas dengan dewan pengupahan. Tapi tetap mengacu dengan PP 78,” tuturnya.

Diketahui Peraturan Presiden (PP) 78 Tahun 2015 tentang pengupahan merupakan peraturan yang berisikan kebijakan pengupahan seperti upah minim (Kota dan Provinsi), uaph kerja lembur, upah tidak masuk kerja, bentuk dan cara pembayaran upah, denda dan potongan upah, upah pembayaran pesangon dan upah penghitungan pajak yang terdapat pada Bab II Kebijakan Pengupahan Pasal 3.

 

AIN

The post UMK Kota Makassar Ditetapkan Besok appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda