EDfow.com- Untuk meningkatkan kualitas penddikan Dakwah terhadap mahasiswa yang tergabung  dalam Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) sebagai kampus Islam  terdepan di Kawasan Timur Indonesia.

Wakil Dekan IV Bidang Dakwah dan Percepatan Program Kampus Islam Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Nukman mengajak mahasiswanya mengedepankan dakwah dalam kehidupan sehari-hari.

Olehnya itu, Nukman MA untuk dapat  mewujudkan dua misi  UMU yakni,  Pendidikan dan Dakwah. secara maksimal diperlukan kerjasama semua elemen dari jajaran Universitas, Fakultas dan Program Studi. Nukman menuturkan banyak kegiatan yang disajikan untuk menunjang terwujudnya misi dakwah ini, contohnya mahasiswa baru wajib ikut serta Pekan Pesantren.

“Bukan hanya diawal masuk menjadi mahasiswa. Untuk menyelesaikan studi juga mahasiswa harus melalui pencerahan kalbu. Untuk program Kuliah Kerja Nyata juga mahasiswa yang mau keluar harus mengahafal Al-Qur’an Juz 30,” kata Nukman.

Selain itu, kurikulum seluruh Prodi di UMI disajikan mata kuliah tentang Agama Islam setiap semesternya. Mata kuliah Islam ini seperti aqidah, syariah, akhlak, pendidian agama Islam Disiplin ilmu kesehatan, ilmu dakwah, metode dakwah dan bahasa arab.

“Saya rasa hanya UMI yang menerapkan sistem seperti ini dimana pembelajaran tentang Agama Islam wajib dikonsumsi mahasiswa disetiap semesternya,” pungkasnya.

Dirinya berharap agar kedepan alumni FKM UMI bisa memberikan asuhan kesehatan kepada masyarakat dengan memasukkan unsur dakwah disetiap tindakannya.

“Kalau bisa, jika memberikan asuhan kesehatan bisa dijelaskan juga kepada masyarakat terkait pandangan Islamnya agar keluaran FKM UMI berbeda dari yang lain,” tutupnya.

 

ASM

Bagikan:

Komentar Anda