EDfow.com – Tuntutan masyarakat yang semakin kuat dengan adanya dorongan dari lembaga internasional dalam penerapan basis akrual kepada seluruh negara menyebabkan Pemerintah Indonesia terus berupaya memperbaiki sistem akuntansinya.

Hal tersebut dikatakan oleh Staf ahli bidang ekonomi, Abd. Azis Hasan saat membawakan sambutannya pada sosialisasi kebijakan akuntansi Pemerintah Kota Makassar yang digelar oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset di Singgasana Hotel, Rabu (8/11/2017).

“Maka pada tahun 2010, pemerintah menerbitkan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual yang ditetapkan melalui peraturan nomor 71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintahan menggantikan peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2005,” terangnya

Menurut Azis, penggunaan basis akrual merupakan salah satu ciri dari praktik manajemen keuangan modern atau sektor publik.

“Ini bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih transparan mengenai biaya pemerintah dan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan di dalam pemerintah dengan menggunakan informasi yang diperluas,” lanjutnya

Olehnya itu Azis berharap, SDM pengelola keuangan pada SKPD dan unit kerja harus memiliki pengetahuan yang memadai tentang kebijakan akuntansi melalui sosialisasi tersebut.

“Maka manfaatkan sosialisasi ini sebagai wadah untuk mendapatkan pemahaman terkait standar akuntasi pemerintah yang kita maksud, khususnya pada laporan keuangan,” tutupnya

AND

The post Azis Hasan : Penerapan Basis Akrual Adalah Ciri Praktik Manajemen Keuangan Moderen appeared first on EDfow.com.

Powered by EDfow.com

Bagikan:

Komentar Anda