EDfow.com – Kini sudah masuk musim penghujan, perlu diwaspadai penyakit yang biasa datang saat hujan, seperti diare, typus hingga penyakit kulit, termasuk saat ini penyakit Leptospirosis.

Menjadi perbincangan penyakit Leptospirosis menyerang salah satu warga Surabaya terjangkit penyakit ini. Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira dan disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini.

Biasanya pembawa penyakit ini adalah hewan, seperti anjing, tikus dan kelompok hewan ternak. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Asih Tri Rachmi, kasus tersebut belum memakan korban di Kota Malang, namun Asih tetap menghimbau agar warga waspada. “Harus waspada. Dulu sempat terjadi (orang terserang leptospirosis) di lapas Malang,” kata dia, dikutip dari Fajar.co.id, Jumat (24/11/2017).

Asih menambahkan jika musim hujan ini agak sulit untuk mendeteksi air yang telah terkontaminasi dengan bakteri penyakit. “Harus terrtutup dengan baik, terutama air minum dan untuk masak. Juga untuk air mandi dan sikat gigi,” tambah Asih.

Penularan penyakit ini lebih dominan dari hewan ke manusia, sedangkan untuk sesama manusia masih memiliki potensi yang kecil, kecuali hubungan seksual.

Bagikan:

Komentar Anda