EDfow.com – Masih dalam prosesi pernikahan Booby-Kahiyang, kali ini di Medan. Dilakukan prosesi pemotongan hewan kerbau sebagai pembuka rangkaian acara adat ngunduh mantu Bobby dan Kahiyang, Jumat (24/11/2017).

Pemotongan hewan ini juga disebut Manalpokkon Lahananhorja yang artinya, memotong kerbau yang disaksikan para raja dan ketua adat setempat. Hal ini juga dilakukan sebagai simbol kebesaran keluarga Bobby Nasution, dan nanti kepala kerbau akan dipasang di depan rumah.

Dimulai pagi hari, tepatnya pukul 06.00 WIB di samping kediaman Bobby di perumahan BHR Tasbi, Medan, Sumatera Utara. Pemotongannya disaksikan Erwan Nasution yang juga paman atau adik dari ayah Bobby Nasution, dan didampingi para ketua adat. Ada 10 ekor kerbau yang dibawa oleh para tetua adat dari suku Mandailing.

Selanjutnya setelah prosesi pemotongan hewan ini, akan dilakukan pemukulan gendang dengan ukuran besar, yang disbut pula Gordang Sambilan, ciri khas yang selalu ada pada adat pernikahan suku Mandailing. Saat gendang dibunyikan, keluarga akan berkumpul dipanggung dan melakukan Manortor diiringi bunyi gendang.

Bagikan:

Komentar Anda