EDfow.com – Tak kalah dengan organinasi besar lainnya, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) juga memiliki lambang dan makna yang tersirat di dalamnya.

Untuk itu, di Hari Guru Nasional yang diperingati tepat pada tanggal (25 November 2017) hari ini, EDfow.com akan bebagi sedikit informasi tentang apa arti dan makna dari gambar yang ada pada lambang PGRI.

Berikut ini penjelasan tentang arti/makna pada lambang PGRI:

Bentuk: cakra/lingkaran melambangkan cita-cita luhur dan daya upaya menunaikan pengabdian terus-menerus.

Ukuran, corak, dan warna bidang: bagian pinggir lingkaran berwarna merah melambangkan pengabdian yang dilandasi kemurnian dan keberanian bagi kepentingan rakyat.

Warna putih dengan tulisan “Persatuan Guru Republik Indonesia” melambangkan pengabdian yang dilandasi kesucian dan kasih sayang.

Panduan warna pinggir merah-putih melambangkan pengabdian kepada negara, bangsa, dan tanah air Indonesia.

Suluh berdiri tegak bercorak 4 garis tegak dan datar berwarna kuning: Simbol yang melambangkan fungsi guru (pada pendidikan prasekolah, dasar, menengah, dan perguruan tinggi) dengan hakikat tugas pengabdian guru sebagai pendidik yang besar dan luhur.

Nyala api dengan 5 sinar warna merah: Simbol yang melambangkan arti ideologi Pancasila, dan arti teknis yakni sasaran budi pekerti, cipta, rasa, karsa, dan karya generasi.

Empat buku mengapit suluh: Posisi 2 datar dan 2 tegak (simetris) dengan warna corak putih melambangkan sumber ilmu yang menyangkut nilai-nilai moral, pengetahuan, keterampilan dan akhlak bagi tingkatan lembaga-lembaga pendidikan prasekolah, dasar, menengah, dan tinggi.

Warna dasar tengah hijau: Simbol yang melambangkan kemakmuran generasi.

Sumber: Wikipedia

 

AND

Bagikan:

Komentar Anda