EDfow.com – Tidak dapat dipungkiri kini mendaki telah menjadi tren di Indonesia, mendaki tidak lagi menjadi aktifitas yang menakutkan melaikan telah menjadi pilihan untuk berlibur disela-sela kesibukan.

Walau begitu mendaki gunung tetaplah merupakan aktifitas yang berbahaya bila tidak dibarengi dengan persiapan yang matang.

Nah, dalam kesemptan ini EDfow.com akan memberikan 5 persiapan bagi pendaki pemula agar dapat mendaki dengan aman.

1. Tentukan Lokasi dan level pendakian

Setiap gunung memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, mulai dari mudah hingga sulit. Jika anda akan melakukan pendakian perdana pilihlah gunung yang memiliki tingkat kesulitan yang mudah selain sebagai latihan dan tolak ukur dalam pendakian selanjutnya juga untuk mengurangi kemungkinan terburuk dalam pendakian perdana anda.

2. Sendiri atau bersama teman

Bagi para pendaki profesional melakukan pendakian sendiri bukan hal yang sulit justru dengan sendiri dapat memberikan ketenangan batin. Tapi hal ini akan terasa sulit jika dilakukan oleh pendaki pemula, sebaiknya jika anda seorang pendaki pemula lakukanlah pendakian bersama teman-teman. Selain sebagai ajang seruan-seruan bersama teman juga untuk mempelajari kondisi lapangan yang bila suatu saat nanti anda ingin melakukan pendakian sendiri sudah paham betul tentang jalur pendakian.

3. Pertimbangkan cuaca

Dalam melakukan pendakian, cuaca menjadi hal yang cukup penting. Jika cuaca sedang dalam keadaan buruk atau diperkirakan akan muncul kabut tebal dan hujan besar, ada baiknya untuk menunda keinginan anda. Lakukan pendakian saat cuaca sedang cerah selain itu mendukung keberhasilan pendakian, cuaca yang cerah juga dapat membuat pemandangan semakin indah.

4. Berikan informasi kepada keluarga

Informasikan kepada keluarga anda tentang dimana anda akan mendaki, bersama siapa dan berapa hari anda akan mendaki. Informasi ini penting jika seketika terjadi sesuatu kepada anda ataupun anda belum kembali ke rumah dalam jangka waktu yang telah anda tentukan, keluarga akan mudah memberikan informasi kepada pihak berwenang.

5. Persiapkan fisik

Hal yang perlu anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum melakukan pendakian adalah fisik. Joginglah seminggu sebelum melakukan pendakian tapi jangan memaksakan diri cukup 15 menit sehari, agar fisik anda fit saat melakukan pendakian.

Selain 5 hal diatas, berdoa dan mintalah perlindungan dan kelancaran kepada Tuhan. Sekian 5 persiapan pendakian bagi pemula, semoga bermanfaat.
Dilansir dari hellosehat.com

 

NLD

Bagikan:

Komentar Anda