EDfow.com – Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik atau e-KTP ternyata bahan pembuatannya sama dengan bahan plastik yang digunakan di kemasan air minum.

Pernyataan ini diungkapkan oleh dosen Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung (ITB), Mikrajuddin Abdullah, saat menjadi saksi ahli dalam sidang kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Dilansir dari Kompas.com, Senin (27/11/2017).

“Setelah satu bulan setengah melakukan penelitian, kemungkinan bahan baku plastik menggunakan jenis plastik yang sering digunakan pada galon air minum atau air kemasan,” ujar Mikrajuddin kepada jaksa KPK.

Mikrajuddin mengatakan jika plastik yang digunakan untuk e-KTP adalah jenis Polyethylene Terephthalate (PET) atau Polyethylene Terephthalate Glycol (PETG).

Walau demikian, menurutnya tidak ada yang janggal dalam penggunaan bahan baku plastik yang digunakan pada proyek pengadaan tahun 2010 ini. Karena sering juga digunakan sebagai bahan plastik pembuatan smart card.

Bagikan:

Komentar Anda