EDfow.com – Pernikahan di bawah umur yang kini menjadi viral di media sosial (medsos). Kali ini ABG berusia 16 tahun menikah dengan sebayanya, pernikahan ABG itu terjadi di Lampa, Kecamatan Mapilli, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Diketahui, Dalam postingan yang beredar di medsos, pasangan tersebut bernama Arling (mempelai laki-laki) dan Andiri (mempelai perempuan). Keduanya masih duduk di kelas 1 SMA dan sama-sama berusia 16 tahun.

“Pernikahan di bawah umur terjadi…Kejadian Minggu (26/11/2017) di Lampa, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar). Keduanya bernama Andiri (mempelai perempuan) dan Arling (mempelai laki-laki). Kedua pasangan tersebut, baru berusia 16 tahun atau masih duduk di bangku kelas 1 Sekolah Menengah Atas (SMA).Keduanya bertekad untuk menikah dengan alasan saling menyukai.Smg samawa ya nak…’amin yarroball alamin,” isi postingan yang beredar di medsos.

Sementara itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyayangkan adanya pernikahan ABG itu. Melihat usia keduanya masih tergolong remaja.

“Kami mendengar berita itu sangat miris. Kita tahu bahwa perkawinan anak ini bukan hanya beresiko untuk pasangan ini. Kita khawatirkan tidak mudah untuk ibu dan ayah yang muda seperti ini belum siap mengambil peran ayah dan ibu mendidik anak,” ujar Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN, M Yani, seperti yang di kutip dari Detik,com, Senin (27/11/2017).

“Kita berharap agar pasangan ini menunda untuk punya anak. Sambil mereka mematangkan baik secara psikologis. Usia 16 tahun masih muda sekali. Kesempatan sekolah akan hilang, terutama bagi ibu,” imbuhnya.

NCL*

Bagikan:

Komentar Anda