EDfow.com – Tanggal 28 November, dikenal sebagai Hari Peternakan Nasional, Dewan Peternak Rakyat Nasional (Depernas) menyampaikan agar pemerintah menghentikan impor daging kerbau. Karena pembukaan impor daging kerbau dinilai merugikan peternak sapi rakyat.

“Depernas memperjuangkan agar Pemerintah segera menghentikan impor daging kerbau dari India karena distortif pada usaha peternakan sapi rakyat,” kata Ketua Depernas Teguh Boediyana, dilansir dari Kumparan, Selasa (28/11).

Selain itu teguh juga menambahkan jika daging kerbau yang dari India bisa membawa wabah penyakit ke Indonesia. Dan perlu diketahui Indonesia tercatat sebagai salah satu negara yang sudah bebas dari PMK.

“Impor daging kerbau tetap berpotensi menyebabkan masuknya PMK,” tambahnya.

Sebelumnya, Teguh dan pihaknya telah melaporkan pembatalan PP Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pemasukan Ternak dan/atau Produk Hewan Dalam Hal Tertentu yang Berasal Dari Negara atau Zona Dalam Suatu Negara Asal Pemasukan, ke mahkamah Agung.

“PP Nomor 4 Tahun 2016 bertentangan dengan UU Nomor 18/2009 jo. UU Nomor 41/2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan,” kata Teguh.

Tak banyak tuntutan yang disampaikannya, jelas jika Pemerintah dapat mengedepankan kepentingan rakyat.

“Kami meminta kepada Pemerintah agar lebih mengedepankan kepentingan peternak rakyat dalam program pembangunan peternakan yang disusun,” tutupnya.

Bagikan:

Komentar Anda