EDfow.com – Menurut studi terbaru Fitrated, ternyata peralatan di tempat berolahraga seperti gym menyimpan lebih banyak bakteri dibanding kursi toilet, bahkan lantai di gym merupakan tempat paling baik untuk berkembang biaknya kuman.

Berdasarkan studi Fitrated, alat treadmill, sepeda statis dan area angkat beban semuanya penuh dengan kuman yang rata-rata lebih dari satu juta per inci persegi.

Studi Fitrated mengumpulkan sampel dari 27 peralatan berbeda di tiga gym untuk mendapatkan gambaran tentang seberapa banyak kuman yang dapat ditemukan oleh pengunjung gym pada beberapa peralatan mereka.

Selain itu, kuman yang mungkin ditemui saat berolahraga di gym adalah jenis yang bisa menyebabkan berbagai penyakit dan bahkan infeksi kulit.

Bakteri yang paling banyak ditemukan di semua peralatan adalah cocci gram-positif, yang dapat menyebabkan pneumonia dan septikemia.

Yang mengejutkan, area angkat beban ternyata mengandung 362 kali lebih banyak kuman daripada toilet, sementara treadmill cenderung mengumpulkan bakteri sebanyak 74 kali daripada rata-rata keran kamar mandi umum.

Sementara itu, sepeda latihan ternyata memiliki bakteri 39 kali lebih banyak daripada rata-rata food court.

Meskipun selalu dibersihkan, sebuah penelitian yang diterbitkan di Clinical Journal of Sports Medicine menunjukkan bahwa 63 persen peralatan olahraga masih membawa bekas rhinovirus yang menyebabkan flu.

 

NCL*

Bagikan:

Komentar Anda