EDfow.com – Hujan merupakan salah satu musim di daerah tropis seperti Indonesia, hujan juga merupakan siklus air di bumi.

Saat ini Indonesia sudah memasuki musim penghujan, yuk kita cari tau bagaimana proses terjadinya hujan.

1. Proses Penguapan Akibat Sinar Matahari.

Matahari merupakan sumber energi utama di bumi. Benda langit ini memiliki tigaa sebagai pusat tata surya mampu menyinari seluruh area di bumi di waktu-waktu tertentu.

Proses penyinaran oleh matahari tersebut membuat perairan-perairan yang ada di muka bumi mengalami penguapan mulai dari sungai, danau hingga hamparan laut.

2. Hasil Penguapan Berubah Menjadi Awan.

Selanjutnya, uap air yang terpapar sinar matahari akan terangkat hingga ke udara. Semakin tinggi jarak ketinggian dari bumi, maka suhu udara di area tersebut akan semakin rendah (dingin).

Tidak hanya air-air yang ada di bumi, asap industri dan kendaraan bermotor juga dapat terangkat ke udara dan berkumpul dengan hasil penguapan yang lain.

Hasil kumpulan uap air yang terangkat ke udara dan mencapai pada area yang memiliki suhu rendah tersebut akan berubah menjadi sebuah gumpalan uap air yang sering kita sebut dengan awan.

3. Awan Membesar Dengan Bantuan Angin.

Dengan adanya bantuan dari angin, membuat awan yang tadinya berukuran kecil lama kelamaan akan bergabung dengan awan-awan lain sehinggan berubah menjadi awan yang besar.

Ketika awan telah berukuran besar, maka warnyanya berubah menjadi semakin gelap sehingga dari bawah akan nampak berwarna kelabu, nah hal inilah yang biasanya kita sebut mendung.

4. Turunnya Air Hujan.

Setelah awan terus bergerak mengikuti arah tiupan angin menuju ke area yang lebih dingin, awan tersebut akan berukuran lebih besar karena semakin banyak uap air yang tergabung.

Namun, awan-awan tersebut memiliki daya tampung maksimal. Sehingga ketika mencapai pada ukuran yang maksimal dan memiliki massa yang semakin berat, awan tersebut akan luruh dan jatuh ke bumi dengan bentuk tetesan-tetesan air atau kita sebut dengan air hujan.

Nah begitulah proses terjadinya hujan yang saat ini sedang terjadi, semoga bermanfaat dan dapat menambah khazanah ilmu kita semua.

 

NAL

Bagikan:

Komentar Anda