EDfow.com – Pernah terdengar istilah apalah arti sebuah ini mungkin sangat pas untuk anak yang mnemiliki nama ‘Tahanan PBB’.

PBB yang dimaksud adalah Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Sebab yang membuat dia diberina nama, saat itu kedua orang tuanya sedang ditahan di Rudenim Sumbawa, dan dia lahir dipenjara.

Tahanan PBB yang lahir pada 31 Agustus 2003 ini lahir dari pasangan Mohammad Yaqub dan Akilah. Dia merupakan imigran asal Afganistan.

“Adik saya juga bernama Tahanan PBB Nomor Dua. Sama seperti saya lahir di dalam sel atau penjara,” ujar Tahanan yang masih berseragam sekolah itu, Rabu (29/11/2017), dikutip dari Line Today.

Tahanan kini mnenghuni Rudenim Manado bersama 139 imigran lainnya yang bermasalah. Kebanyakan dari mereka adalah imigran asal Afganistan, selain itu ada juga dari Sudan, Eritrea, Ethiopia, Somalia, Pakistan, Suriah dan Myanmar. Umumnya mereka mencari suaka di Indonesia.

Tahanan kini bersekolah di SMP Negeri 2 Manado, fasih berbahasa Indonesia dengan logat Manado.

“Saya ingin menjadi tentara, walau tidak tahu harus bagaimana, karena saya terus dibilang sebagai tahanan PBB. Semoga ada keadilan ke depannya,” harap Tahanan.

Tahanan sudah bulat untuk terus belajar, walau dia memiliki status yang tidak jelas.

Bagikan:

Komentar Anda