EDfow.com – Hari AIDS Dunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember tersebut adalah hasil gagasan dari pertemuan para Menteri Kesehatan Sedunia pada tahun 1988.

Tujuan diperingatinya Hari AIDS tersebut adalah untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS seluruh dunia yang disebabkan oleh virus HIV.

Peringatan hari AIDS juga ditandai dengan simbol pita merah, lalu apa maksud dari pita merah tersebut? Untuk itu, tepat pada hari ini, Jumat (1/12/2017), EDfow.com akan menjelaskan sedikit tentang lambang pita merah pada simbol Hari AIDS Dunia.

Diketahui, sejak dulu simbol Pita Merah memang sudah digunakan secara internasional untuk melambangkan perang terhadap AIDS.

Dikutip dari berbagai sumber, dipilihnya pita merah ini berawal di tahun 1991 saat sekelompok seniman yang peduli dengan penyakit ini mencari simbol untuk mempersatukan dunia agar peduli dengan penyebaran AIDS. Mereka pun terinspirasi dengan pita merah yang dipakai untuk memperingati kematian Freddie Mercury karena AIDS.

Pita merah sendiri dipilih karena warna merah melambangkan darah yang menjadi tempat berkembangnya virus HIV di dalam tubuh. Warna merah juga melambangkan semangat atau gairah untuk melawan penyakit mematikan ini, terutama bagi mereka yang sudah terinfeksi.

Terakhir, jika diamati pita merah tersebut berbentuk seperti terbalik atau menjadi simbol dari unvictory yang menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada gerakan ‘kemenangan’ untuk melawan penyakit ini.

 

AND

Bagikan:

Komentar Anda