EDfow.com – Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa terlepas dari Plastik. Plastik cukup membantu dalam hal pengemasan, namun di balik manfaatnya itu plastik memiliki efek samping bagi alam dan kesehatan.

Plastik memiliki racun yang bila di gunakan sebagai wadah akan membuat racunnya berpindah ke manakanan kita, hal yang paling mencengangkan adalah plastik memerlukan waktu 500 – 1000 tahun untuk bisa terurai sempurna di alam. Hal ini menyebabkan limbah plastik dapat menyumbat saluran irigasi dan lainnya.

Untuk menanggulangi masalah limbah plastik ini, sebuah perusahaan starup di jakarta, Evoware, memiliki ide brilian untuk membuat gelas yang bisa di makan jika sudah tidak digunakan lagi.

Evoware membuat plastik dari bahan dasar Rumput Laut yang memiliki tekstur seperti jeli dan rasa yang beragam mulai dari greentea hingga mint.

Tidak hanya gelas Evoware juga melakukan inovasi dengan membuat bungkus kopi dan teh yang bisa larut dalam air.

Seperti yang dilansir dari indozone.id, salah satu pendiri Evoware, David Christian, mengatakan ide tersebut dilandasi oleh keinginannya menumpas masalah ledakan sampah plastik ditempat tinggalnya di Jakarta.

Produk-produk Evaware ini masih dibuat secara handmade, jadi masih di perlukan inovasi-inovasi dalam pengembangannya.

Walaupun harganya masih terbilang cukup mahal, namun banyak pelanggan mengharapkan Evoware tetap bertahan dan produk-produknya semakin banyak di pasaran demi membangun kesadaran masyarakat soal pentingnya menjaga lingkungan.

 

NAL

Bagikan:

Komentar Anda