EDfow.com – Baru-baru ini Indonesia dikejutkan dengan wabah Difteri. Difteri sendiri merupakan infeksi bakteri yang menyerang selaput lendir hidung dan tenggorokan.

Difteri pada umumnya menyerah anak dibawah usia 10 tahun. Seperti yang lansir dari laman Tempo.co, Kepala Dinas Kesehatan DKI, Koesmedi Priharto mengatakan, di Jakarta sendiri korban dari wabah ini sebanyak 22 anak.

“Umumnya anak-anak. Ada yang belum divaksin, ada juga yang sudah. Kami masih menelusuri,” jelasnya saat ditemui di Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Jalan Peta Utara, Kalideres, Jakarta Barat, pada Rabu (6/12/2017) pagi.

Selain menyerang anak-anak, diketahui wabah ini juga menyerah orang dewasa dengan kisaran usia 45-54 tahun. Koesmedi mengatakan, hingga kini Pemerintah masih mencari penyebab masalah tersebut.

“Itu yang menjadi pertanyaan teman-teman, karena vaksin ini kan cukup kuat,” pungkasnya.

Untuk mengantisipasi agar wabah tidak meluas, tiap puskesmas di DKI diminta waspada. Jika ada yang terkena difteri, ia meminta petugas melakukan surveillance, yaitu melacak sampai sejauh mana dan asal kuman itu menjangkiti korban.

 

NAL

Bagikan:

Komentar Anda