EDfow.com – Sejalan dengan Visi Walikota Makassar yakni mewujudkan Makassar kota dunia yang nyaman untuk semua, maka diperlukan upaya yang sistematis dan berkelanjutan dalam mewujudkan good governeance dan clean government.

Maka lembaga pengawasan memiliki fungsi strategis dalam mewujudkan pemerintah yang bersih dan bebas KKN. Untuk itu diperlukan adanya kemauan dan komitmen dari segenap jajaran paratur pemerintah untuk mengembangkan budaya pengawasan.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Inspektorat Kota Makassar, Zaenal Ibrahim dalam sambutannya pada Rapat Pemuktahiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Inspektorat Kota Makassar yang bertempat di Hotel D’Maleo, Jum’at (8/12/2017).

“Tujuan pengawasan ini menjamin adanya ketegasan dan konsostensi penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan pembangunan yang berdaya guna dan berhasil guna,” jelaa Zaenal

Menurutnya, fungsi pengawasan yang diperankan oleh Inspektorat Makassar adalah sebagai pengawasan internal dalam mengawal dan mengawasi kebijakan pemerintah kota Makassar.

“Ini juga sekaligus menentukan baik tidaknya pemeliharaan terhadap aset atau kekayaan daerah, juga dapat menentukan efesien dan efektivitas prosedur dan kegiatan pemerintah daerah,” lanjutnya

Tak hanya itu, kata Zaenal, pelaksaan tersebut pada hakikatnya adalah melaksanakan rekomendasi dalam laporan hasil pengawasan yang merupakan produk akhir dari suatu penugasan pengawasan.

“Tapi ini bukan tujuan akhir, yang harus dicapai itu adalah adanya perbaikan, penertiban, penyempurnaan, dan peningkatan kinerja SKPD,” tutupnya

Menjadi peserta pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Kepala Bagian, Camat, Direktur RS, Direktur Perumahan Daerah Kota Makassar yang kurang lebih sebanyak 52 orang.

 

AND

Bagikan:

Komentar Anda