EDfow.com – Korupsi merupakan fenomena sosial, politik dan ekonomi yang kompleks yang mempengaruhi semua negara sebab korupsi telah menghancurkan lembaga-lembaga demokrasi, memperlambat laju pembangunan ekonomi dan berkonstribusi terhadap ketidakstabilan pemerintah.

Hari ini tepat tanggal (9/12/2017) yang dikenal dengan Hati Anti Korupsi Nasional, EDfow.com akan mengulas sedikit sejarah singkat lahirnya Hari Anti Korupsi Nasional.

Sebelumnya, Hari Anti Korupsi Internasional dimulai ketika Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengadopsi konvensi PBB melawan korupsi (United Nations Convension Againts Corruption – UNCAC) pada tanggal 31 Desember 2003 di Meksiko.

Kemudian melalui resolisi 58/4 Majelis, menunjuk 9 Desember sebagai Hari Anti Korupsi Internasional dan meminta Sekertaris Jenderal menunjuk kantor PBB untuk Narokoba dan Kejahatan/ United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) sebagai sekretariat Konverensi Konvensi Negara Sepihak.

Tujuan dari PBB dalam melawan korupsi yaitu untuk mempromosikan strategi pemberantasan korupsi yang efisien dan efektif, serta meningkatkan integritas dan akuntabilitas manajemen publik yang lebih baik.

Dilansir dari okecoy.com, setahun setelah konvensi anti korupsi atau UNCAC, Pemerintah Indonesia turut menetapkan tanggal 9 Desember sebagai Hari Anti Korupsi Nasional dengan mengeluarkan instruksi presiden nomor 5 tahun 2004 tentang percepatan pemberantasan korupsi pada tanggal 9 Desember 2004.

Maka hingga saat ini, di Indonesia, Peringatan Hari Anti Korupsi Nasional tanggal 9 Desember diisi dengan beragam kegiatan seperti Festival Antikorupsi, Kampanye Antikorupsi, Forum Dialog Nasional dan lain sebagainya.

 

AND

Bagikan:

Komentar Anda