EDfow.com – Pajak parkir merupakan salah satu sumber pajak daerah yang potensial, artinya hasil pajak tersebut cukup besar sebagai salah satu sumber pendapatan daerah yang laju pertumbuhannya diperkirakan sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi daerah.

Hal tersebut dituturkan oleh Asisten II, Kusaiyyeng saat mewakili Walikota Makassar dalam membuka sekaligus memberikan sambutannya pada Sosialisasi Kepatutan Wajib Pajak Parkir.

Kegiatan tersebut digelar oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Makassar yang bertempat di Asyra Hotel, Jl. Maipa Losari Makassar, Senin (18/12/2017).

Menurut Kusaiyyeng, secara umum ada beberapa upaya yang perlu dilakukan oleh pemerintah daerah dalam meningkatkan pendapatan daerah melalui optimalisasi intensifikasi pemungutan pajak daerah dan retrebusi daerah.

“Diantaranya yaitu, memperluas basis penerimaan tindakan yang dilakukan untuk memperluas basis penerimaan yang dapat dipungut oleh daerah yang dianggap potensial,” jelasnya

Lanjut Kusaiyyeng, juga wajib memperkuat proses pemungutan upaya yang dilakukan dalam memperkuat proses pemungutan dan meningkatkan pengawasan.

“Selain itu juga harus meningkatkan efisien administrasi dan menekan biaya pemungutan tindakan yang dilakukan oleh daerah,” lanjutnya

Terakhir, kata Kusaiyyeng, juga perlu meningkatkan kapasitas penerimaan melalui perencanaan yang lebih.

 

AND

Bagikan:

Komentar Anda