EDfow.com – Dinas Sosial Kota Makassar mendirikan dapur umum di lokasi banjir di Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya, Kompleks Kodam III, pada Rabu (20/12/2017) malam tadi.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Dr Mukhtar Tahir, pengadaan dapur umum tersebut sesuai prosedur tetap; seluruh perkakas dapur umum dikerahkan setelah menerima laporan yang sesuai persuratan dari kelurahan setempat.

“Kita juga sejak awal sudah dapat informasinya. Tentunya kita langsung berkordinasi dengan Badan Penaggulangan Bencana Daerah Makasaar untuk melakukan pertolongan pertama, dan juga teman-teman dari Tagana, beserta Karang Taruna yang langsung melakukan asesmen data di lapangan,” ujarnya.

Mukhtar menuturkan, setelah dilakukan asesmen, Tim Tagana Dapur Umum langsung membuka tenda siaga bencana di lokasi Kodam III, yang tidak jauh dari pengungsian warga.

“Alhamdulillah, respons cepat kami selalu ada untuk warga. Apatahlagi kami dinas sosial pada bidang bantuan dapur umum untuk makan para warga yang melakukan pengungsian. Teman teman SKPD lain seperti BPBD lebih kepada penanggulangan dan pertolongan. Ada juga dinas kesehatan yang biasanya membuka posko kesehatan. Insya Allah, Pemerintah Kota Makassar selalu ada untuk warganya dalam kondisi apapun itu,” jelasnya.

Mukhtar menambahkan, kapasitas dapur umum juga terbagi untuk disesuaikan dengan kebutuhan di tempat lain, seperti di Kecamatan Manggala, yang juga menjadi lokasi banjir.

“Yang sementara kita lobi ke provinsi untuk perbantuan dapur umumnya, dan titik lain saat ini kita melakukan perbantuan beras saja tanpa membuka dapur umum karena protap dampak banjir tidak masuk dalam pengadaan dapur umum di wilayah tersebut,” kata Mukhtar.

Reporter : Andani

Bagikan:

Komentar Anda