Salah satu problem AC (air conditioning) di musim hujan khususnya di indonesia dengan iklim tropis adalah kebocoran air, berikut akan kami jelaskan beberapa penyebab dan cara mengatasi AC bocor.

Yang pertama adalah kebocoran air pada unit indoor AC sering terjadi akibat tersumbatnya aliran pembuangan air tetesan akibat debu maupun kotoran yang melekat di dalam unit indoor. Seharusnya air tetesan di dalam unit akan terbuang keluar melalui saluran pembuangan. Namun jika saluran pembuangan penuh akibat kotoran yang mengendap di dalamnya maka otomatis pembuangan air terhambat, sehingga air tersebut menetes melalui unit indoor.

Kedua adalah disebabkan oleh kemiringan indoor yang salah. AC bocor atau AC netes air dapat terjadi karena instalasi AC yang salah dalam hal “kemiringan saluran pembuangan”. Sehingga air yang menetes dari unit tidak tersalurkan keluar menuju saluran pembuangan.

Ketiga adalah kondensasi pipa. AC Bocor atau AC netes air akibat proses alami di pipa. Istilahnya “AC mengalami Kondensasi”. Ini disebabkan oleh perbedaan suhu yang cukup tinggi di dalam pipa dengan suhu di luar. Pada umumnya kondensasi sering terjadi pada AC yang sudah lebih dari 5 tahun dikarenakan pembungkus pipa (Armaflex) sudah kurang bagus.

Keempat adalah penyumbatan pada celah yang tersembunyi. Jika AC Bocor atau AC netes air masih juga terjadi padahal sudah diperbaiki talang belakangnya dan sudah diganti armaflexnya. Pada beberapa kasus yang terjadi adalah karena adanya air yang menetes dari kondensasi dan menetes di celah celah tersembunyi dan tidak terlihat kecuali dengan menggunakan lampu senter.

Dalam menangani kasus kasus diatas berikut solusinya. Dan apabila memerlukan teknisi yang terpercaya www.bengkelpedia.com/081343809497. Solusinya.

Solusi penyebab pertama. Atasi AC Bocor atau AC netes air dengan membersihkan saluran pembuangan talang belakang. Hal ini agak sulit dilakukan karena harus menurunkan unit indoor. Pipa sambungan di unit indoor perlu dilepaskan terlebih dahulu agar unit indoor bisa dilepaskan dari rangkaian instalasi. Turunkan indoor ke bawah. Selanjutnya semprot talang pembuangan air sampai seluruh kotoran keluar.
Berikut langkah-langkahnya:
1. Cabut steker listrik AC
2. Buka Cashing indoor AC dan turunkan ke bawah
3. Semprot saluran pembuangan air dengan selang air hingga seluruh kotoran keluar
4. Pastikan seluruh kotoran di dalam saluran pembuangan sudah tidak ada
5. Pasang kembali unit indoor AC

Solusi penyebab kedua. Atasi masalah kesalahan instalasi AC tersebut dengan cara instalasi ulang saluran pembuangan air tersebut dengan membuka chasing unit AC. Atur kembali kemiringannya agar air yang menetes bisa mengalir keluar.

Solusi penyebab ketiga. Atasi AC Bocor akibat kondensasi dengan penggantian pembungkus pipa (armaflex) yang baru. Pemasangan armaflex harus dilakukan dengan baik dan benar dan hindari celah.

Solusi penyebab keempat. Atasi masalah AC bocor atau AC netes air yang terus terjadi walauapun sudah berkali kali disservice dengan cara meneliti dengan seksama “darimana asal tetesan air tersebut, ikuti sampai ketemu sumber tetesan air tersebut”. Setelah diketahui sumber tetesan air tersebut maka perbaiki. Hal ini memang memerlukan keahlian khusus oleh teknisi ac yang sangat berpengalaman.

Berikut kami telah menjelaskan informasi terkait AC bocor air, semoga info ini bermanfaat. Jangan lupa like page kamj untuk mendapatkan info bermanfaat lainnya.

Bagikan:

Komentar Anda